DEPARTEMEN ILMU PENYAKIT DALAM

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Pustaka

Hipertensi Intradialisis

 

Definisi hipertensi intradialisis belum baku, yang dimaksud hipertensi intradialisis adalah hipertensi yang terjadi selam periode hemodialisis, jam kedua atau ketiga proses ultrafiltrasi, peningkatan tekanan darah bersifat resistant terhadap ultrafiltrasi.

Selengkapnya...

Artritis Infektif

 

Artritis Infektif adalah artritis yang disebabkan infeksi mikroorganisme (kuman, mikobacterium, jamur dan virus) dalam sendi.

Selengkapnya...

Perdarahan Pada Stress-Related Mucosal Disease ( SRMD )

 

Stress-related mucosal disease (SRMD) merupakan komplikasi yang potensial terjadi pada pasien kritis. SRMD merupakan komplikasi akut pada mukosa gaster dan perdarahan gastrointestinal yang diakibatkannya dapat menyebabkan ketidakstabilan hemodinamik dan memerlukan penambahan darah.

Selengkapnya...

The New Insight of COPD Management

 

Abstract

Chronic obstructive pulmonary disease (COPD) is a common preventable and treatable disease, is characterized by persistent airflow limitation that is usually progressive and associated with an enhanced inflammatory response in the airways and the lung to noxious particles or gases. Exacerbations and comorbidities contribute to the overall severity in individual patients.

Selengkapnya...

Terapi Rasional Pada Non Alcoholic Fatty Liver Diseases (NAFLD)

 

Non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) telah menjadi pusat perhatian para ahli/klinisi karena merupakan pandemik di negara-negara barat dan semua bagian di dunia. Adanya NAFLD, sangat kuat berhubungan dengan sindroma metabolik,  diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskuler dan berpotensi berkembang  menjadi sirosis, gagal hati, dan kanker hati.

Selengkapnya...

Pertimbangan keamanan terapi Penghambat Pompa Proton (PPI) jangka panjang pada usia lanjut

 

Obat penghambat pompa proton (proton pump inhibitor, PPI) adalah salah satu obat yang banyak dikonsumsi masyarakat diseluruh dunia.PPI adalah obat antisekresi asam (ASA) yang paling potent dan direkomendasi sebagai terapi lini pertama untuk pengobatan dan pencegahan penyakit asam lambung (acid related diseases/ ARD).

Selengkapnya...

Link Terkait

Kunjungan Web


00025954
Hari iniHari ini11
KemarinKemarin54
Minggu iniMinggu ini226
Bulan iniBulan ini1509
TotalTotal25954
Anggota yg login saat ini ada: 0
Tamu yg berkunjung saat ini ada: 1
Nama anggota yg login:
-

 


Pengunjung web yth, untuk menjadi anggota,silakan mendaftar di sini. Admin akan mereview pendaftaran tersebut. Bagi yang telah menjadi anggota, silakan login di sini.